Rabu, 10 Agustus 2011

Perlunya Mengasah Ketrampilan Sosial Pada Remaja

      Menginjak usia remaja,anak akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-taman. Sehingga dapat di katakan,ia akan menerima banyak pengaruh dari teman sebayadan lingkungan sosialnya. Pada usia tersebut, ia juga mulai dituntut untuk lebih mandiri, memiliki kemampuan menumbuhkembangkan dan mengasah kertampilan sosial pada remaja.
       Mengatasi permasalahan yang timbul serta menyesuaikan diri dengan aturan dan norma yang berlaku. Karena itu remaja akan membutuhkan ketrampilan khusus, yaitu ketrampilan sosial yang dapat membantunya beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Ketrampilan sosial ini meliputi: berkomunikasi,menjalin hubungan dengan orang lain,mampu menghargai diri sendiri dan orang lain, mendengarkan pendapat orang lain dan bertindak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.
       Jika kurang mahir dalam mengolah ketrampilan ini ia akan mndapat resiko mengalami kegagalan dalam menjalin hubungan dengan orang lain yang berpengaruh buruk bagi perkembangan selanjutnya.Pada usia remaja, tak jarang anak jadi lebih tertutup terhadap lingkungan sekitarnya.Bahkan terhadap orang tuanya. Ketertutupan ini bakal lebih terasa jika sejak kecil anak sedang mengalami masa yang cukup berat dalam hidupnya, beban sekolahnya yang semakin bertambah dan perkembangan emosional yang jadi lebih kompleks.
      Meskipun demikian, anda tak perlu cemas. Sifat tertutup ini hanya merupakan salah satu fase dalam masa perkembangan anak. Salah satu cara untuk mamantau perkembangan studi anak disekolah, tanpa anak merasa anda terlalu terlibat dengan urusan mereka, adalah dengan melalui membina komunikasi yang baik dengan pihak sekolah.



sumber : majalah Probis edisi VI aspirasi no.41/Th.III/20 juli-5 Agustus 2006






Tidak ada komentar:

Posting Komentar