Jumat, 18 November 2011

Bersih Desa Ngalang



Bersih Desa Ngalang

                Bersih desa merupakan kebudayaan dari para leluhur yang tidak dapat di tinggalkan.Bersih Desa ialah kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sekali. Setiap semua petani di desa Ngalang selesai melakukan cocok tanam atau panen.

                Untuk melakukan kegiatan ini, masyarakaat Desa Ngalang perlu atau harus melakuka ritual Nyadran. Nyadran ialaah berkunjung ke gunung gentong dan membawa hasil pertaniaan seperti kacaang tanah,jagung, kedelai, kupat ,singkong,ubi,garut,lembong,jeruk,salak, pisang,apel,kacang panjang dll.
                Di desa Ngalang mempunyai Gunung yaitu gunung Gentong. Menurut cerita nenek moyang, di sana adalah tempat orang mencari kekayaan di dalam gunung terdapat gua yang berisi Gentong yang besar, jika seseorang ingin cepat kaya makan harus berjalan di atas lidi dan harus mencari di dalam gentong tersebut. 

                Setelah masyarakat Ngalang melakuikan nyadran, selang waktu 40 hari baru melaksanakan bersih desa. Kegiatan-kkegiatan yang di lakukan dalam acara bersih desa adalah mengarak gunungan yang berjumlah 14 pedukuhan se desa Ngalang yang berjalan mulai dari balai desa berputar sampai di gubuk gede.Adapun gunungan yang di buat harus bersisi sayur-sayuran atau hasil pertaniaan yang di pasang di dalam gunungan.Gunungan biasanya ada yang berbentuk rumah-rumahan,hewan,pesawat dan tumbuh-tumbuhan.

                Sebelum gununfgan di arak keliling, maka harus melakukan kondangan atau berdoa bersama di balai desa . Kemudian masing-masing dusun menampilkan kesenjan masing-masing. Setelah selesai gunungan di pikul dan di belakangnya di ikuti para ibu,bapak dan anak-anak yang menggunaklan beraneka ragaam kostum dan kesenian.Saat di jalan mereka tidakk hanya diam saja, melainkan harus memainkan kesenian masingh-masing.

                Setelah sampai di gubuk gede, semua gunungan berhenti dan di taruh di pinggir gubuk untuk di ambil buah-buahan dan hasil pertanian lainya dan di adakan doa bersama. Siang hari ada tari-tarian tradisional yang di selenggarakaan di dalam gubuk gede. 

                Sore harinya ada pertandingan bola voli yang di selenggarakaan oleh anak-anak muda. Tak berhenti saamapai di sini, di malam hari ada acara wayangan sampai pagi. Banyak budayaa-buidaaya yang harus di lestarikan di desa Ngalang ini.




1 komentar:

  1. siapa anda bisa tau ttg ngalang?tlsan anda mengingatkan saya wkt kecil dlu selalu menjadi pemain kesenian pd acara rasulan gubug gede.mengingatkan sy pd balai desa,pasar ngalang dan lpangan ngalang.selama hampir 20 th sy meninggalkan desa ini dan hny beberapa kali prnh berkunjung,terakhir kali 5th yg lalu.desa ini membawa kenangan tersendiri bwat sy.

    BalasHapus