Sabtu, 29 Oktober 2011

Sukses Berbicara di Depan Umum

Sukses Berbicara di Depan Umum
 
            Kemampuan bicara di depan umum sudah menjadi keharusan bagi orang-orang yang ingin mengembangkan diri, baik di bidang pendidikan , pekerjaan dan kegiatan social kaainnya. Bekalilah diri Anda dengan pengetahuan yang memadai agar Anda bisa tampil sebagai pembicara yang menarik dan mempesona.
·        Persiapkan dan kuasai meteri pembicaraaan sebaaik mungkin. Materioerku di oersiapkan dengan maatang agar sistimatis, tidak bertela-tele, tidak menyimpang dan menarik minat orang untuk mendengarnya.
·        Manfaatkanlah kekuatan imajinasi untuk membayangkan saat-saat Anda berdiri di hadaapaan oraang banyak. Tidak jadi masaalah kalau Anda merasa gugup dan tegang. Tapi jangan berhenti sampai disitu, bayangkan juga bagaimana pada akhirnya Anda dapat mengendalikan perasaaan dan taampil dengan penuh percaya diri.
·        Ketika Anda maaju ke depan, mungkin saja Anda merasa gugup meskipun sudah berulang kali melakukannya. Jangan merasa cemas, karena ternyata banyaak pembicara terkenal yang bertaraf nasionaal pun masih suka mengalami demam panggung, terutama pada menit-menit pertama.
·        Pusatkan pandangan mata Anda kepada para pendengar Anda. Bila mata Anda tertuju padaa mereka, mereka bisaa menilai Anda sebagai pembicara yang tidak percaya diri, gugup dan malu-malu.
·        Perhatikanlah suara Anda. Anda perlu bicara dengan suara yang mantap dan melafalkan setiap kataa dengan jelas. Anda juga perlu belajar untuk memperhatikan tekanan suara.
·        Usahakan agar pembicaraan Anda komulatif. Sebaiknya Anda tidak menggunakan bahasa yang asing atau istilah-istilah yang tidak di kenaal oleh sebagian pendengar Anda agar pesan yang Anda sampaikan dapat di terima dan dimengerti dengan mudah.
·        Buatlah pembicaraan Anda semenarik mungkin. Berilah contoh yang mudah dimengerti, kisah nyata, ilustrasi, dan humor yang sesuai dengan toipik pembicaraan.
·        Perlakukanlah pendengar-pendengar Anda dengan penuh rasa hormat. Bila Anda memancarkan sikap bersahabat, umumnya mereka akan memberikan respon yang bersahabaat  juga.
·        Sesuaikanlah gaya bicara Anda deengan situasi dan pendengar Anda. Bila Anda sedang berbicara kepadaa sekelompok anak kecil, mungkin merekaa tidak akan terganggu bila Anda bicar dengan gaya menggurui.
·        Tingkatkan terus kemampuan Anda. Pelajarilah kelemahan daan keesalahan Anda dari keset atau video rekaman penaampilan Anda.Mintalah saran dan kritik dari orang-orang yang lebih berpengaalaman, bacalah buku-buku dan perluaslah wawasan Anda.

Sumber : kartu pintar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar