Rabu, 27 Oktober 2010

Asal-Usul Nama INDONESIA


Pada zaman purba,kepulauan tanah air kita disebut dengan aneka nama.Dalam catatan Tionghoa kawasan kepulauan kitadinamai Nan-hai(Kepulauan Laut selatan ).Berbagai catatan kuno bangsa India menamai kepulauan ini Dwipantara(kepulauan Tanah Seberang), nama yang di turunkan dari kata Sansekerta dwipa (pulau) dan antara (luar, seberang). Kisah Ramayana karya pujangga Valmiki yang termasyhur itu menceritakan pencarian terhadap Sinta, istri Rama yang diculik Ravana, sampai ke Suwarnadwipa (pulau emas, yaitu Sumatra sekarang) yang terletak di kepulauan Dwipantara.
      Bangsa Arab menyebut tanah air kita Jaza" ir al-jawi (kepulauan jawa).Nama latin untuk kemenyan adalah benzoa, berasal dari bahasa arab luban jawi (kemenyan jawa),sebab para pedagang Arab memperoleh kemenyan dari batang pohon Styrax sumatra yang dahulu hanya tumbuh di sumatra. sampai hari ini jenaah haji kita masih sering dipanggil "jawa" oleh orang arab.Bahkan orang Indonesia luar Jawa sekalipun."Samathrah,Sholibis,Sundah,Kulluh Jawi (Sumatra, Sulawesi,Sunda,semuanya Jawa)" kata seorang pedagang di pasar Seng,Mekah.
      Lalu tibalah zaman kedatangan orang Eropa ke Asia.Bangsa-bangsa Eropa yang pertama kali datang itu beranggapan bahwa Asia hanya terdiri dari arab,persia,india,dan cina semuanya adalah hindia.
   Ketika tanah air kita terjajah oleh bangsa Belanda, nama resmi yang di gunakan adalah Nederlandsch-indie(hindia belanda) , sedangkan pemerintah pendudukan jepang 1942-1945 memakai istilah To-indo(hindia timur).
   Eduard Douwes Dekker, yang di kenal dengan nama samaran multatuli, pernah mengusulkan nama yang spesifik untuk menyebutkan kepulauan tanah air kita, yaitu insulind, yang artinya juga "kepulauan hindia" (bahasa latin insula berarti pulau). Tetapi rupanya nama insulind ini kurang populer. Bagi orang bandung, insulind mengkin cuma di kenal sebagai nama toko buku yang pernah ada di jalan otista.
 Pada masa majapahit nusantara di gunakan intuk menyebutkan pulau-pulau di luar jawa(antara dalam bahasa Sansekerta artinya luar, seberang) sebagai laean dari jawadwipa(pulau jawa). Kita  tentu pernah mendengar sumpah palapa dari gajah mada, "laman huwus kalah nusantara, isun amukti palapa" oleh Dr.setiabudi  kata nusantara zaman majapahit yang berkonotasi jahiliyah itu diberi pengertian yang nasionalistis. Dengan mengambil kata melayu asli antara, maka nusantara kini memiliki arti yang baru yaitu nusa di antara dua benua dan dua samudra. Sampai  hari ini istilah nusantara tetap kit pakai untuk menyebutkan wilayah tanah air kita dari sabang sampai merauke.Tetapiu nama resmi bangsa dan negara kita adalah indonesia.

sumber diambil dari majalah gempita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar